Teknik dasar dalam memainkan piano



Memang dalam bermain musik, khususnya PIANO. Kita tidak harus menguasai alat musik tersebut, yang terpenting adalah bagaimana cara kita dapat menyatukan perasaan kita dengan Piano yang akan kita mainkan. Meski begitu, setidaknya sebagai musisi kita harus mengetahui teknik dasar dalam memainkan piano tersebut.

Berikut ini akan kita bahas mengenai teknik dasar dalam memainkan sebuah Piano:

FINGERING
Hand and finger forms, relaxation of arms & shoulders.

Latihan untuk fingering ini, ditujukan untuk supaya, kita sebagai musisi, khususnya pemain piano atau keyboard, posisi jari dan tangan kita saat bermain ada dalam posisi yang benar. Juga untuk bentuk jari-jari kita saat bermain di atas tuts piano atau keyboard ada dalam posisi sempurna. Latihan jari ini mencakup Tangga Nada dan Cadence.


TOUCHING

Touch of the notes, legato-staccato, phrasing, dynamics and expression.

Latihan untuk touching ini ditujukan untuk supaya, kita sebagai musisi, khususnya pemain piano atau keyboard. Kita mengerti interpretasi kita dalam bermain music. Tidak sedekar bermain musik, tapi musik itu yang harus keluar dari hati kita. Kita mengetahui di mana kita harus bisa main keras atau lembut. Bermain dengan ada tekanan atau nyambung atau putus-putus dan atau dengan aksen yang tepat. Ada dinamika, feeling dan ekspresi.


RHYTHM dan TEMPO
Latihan untuk rhythm and tempo ini ditujukan untuk supaya, kita sebagai musisi, ini mencakup untuk semua instrument. Baik sebagai pemain drums, bass, guitar, percussions atau juga piano dan keyboard. Kita perlu mengetahui notes, ketukan & rhythm pattern. Kita perlu pahami juga tentang tempo yang benar.

Rhytmic dalam bermain musik (comping). Ada soul atau groove dalam bermusic. Harus ada “nyawa” dalam kita bermain dalam 1 band. Kita harus tau juga tentang TIME SIGNATURE (lagu itu dimainkan dalam ketukan 2/4, 3/4, 4/4, 3/8, 6/8, dll).


HARMONY
Chords progression, voicing and accompaniment.

Latihan untuk harmony ini ditujukan untuk supaya kita bisa lebih kaya dalam mengembangkan pola chords yang kita pakai dalam sebuah lagu. Mengembangkan juga bunyi yang dihasilkan dari chords yang kita mainkan.

Dan juga untuk memperluas cara kita bermain dalam konteks kita mengiringi seorang penyanyi atau jemaat. Karena dengan kita bermain dalam harmonisasi yang bagus, maka akan tercipta suatu kesatuan yang baik. Dengan mempunyai pengetahuan harmoni yang baik, kita dapat membuat aransemen yang pasti bisa lebih enak. Mengetahui posisi kita sebagai musisi, lebih sebagai pengiring!


READING
Latihan ini lebih ditujukan untuk mereka yang belum bisa membaca not balok atau combo partitur. Diharapkan mereka di kemudian harinya bisa untuk membaca partitur not balok atau combo part. Mereka mengenal Treble Clef (kunci G) dan Bass Clef (kunci F). Mereka mengetahui tentang KEY SIGNATURE (ada berapa sharp (#) atau flat (b) lagu itu dimainkan). Dengan kita melihat tanda-tanda tersebut dengan sendirinya kita sudah tau kalau lagu itu dimainkan di tangga nada apa. Jelas itu akan sangat mempermudah kita dalam bermusik.

8 Coment:

  1. ayoga08 mengatakan...

    mas, untuk belajar piano apa perlu memahami not balok???

  2. ScorpionKRIS mengatakan...

    Saya rasa untuk belajar piano tidak harus memahami not balok dulu mas, akan tetapi yang lebih penting adalah kita harus memahami teknik - teknik fingering, dan memahami chord - chord pada tiap tuts keyboard tersebut.

    Akan tetapi Tergantung tujuan kita mas, pinginya jadi pemain orkestra atau pemain organ tunggal.

  3. gw sndri mengatakan...

    ngapuuuuuuuuussssssssssssssiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiii......

  4. Anonim mengatakan...

    MANTAB GAN ......

  5. cahPamulang ID mengatakan...

    Matur nuwun penejlasan singkatnya

  6. Kristanto Alief .A mengatakan...

    Sama - sama mas

  7. Anonim mengatakan...

    tq ilmunya gan.....

  8. Anonim mengatakan...

    @gw sndri : hargailah orang yang berbagi ilmu,,,,apa mas dah pinter,,, kalw pinter coba bagi ilmunya dong....jgn mbacot doang

Poskan Komentar

"Silahkan tinggalkan sebuah komentar untuk artikel ini"

KOrg PA
Ada kesalahan di dalam gadget ini